Tips Cara Memelihara Ikan hias Air Laut

Tips Sederhana untuk akuarium laut anda supaya terlihat tetap indah dalam jangka waktu yang lama.

1. Jangan pernah langsung memasukkan ikan hias ke dalam akuarium yang baru di setup. setup

Agar kondisi akuarium mendekati aslinya maka harus tercipta siklus Nitrogen . air akuarium yang bersikulasi akan menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung kehidupan laut (aerob dan anaeraob) Bakteri tsb akan muncul sekitar 4-5 minggu.
untuk awal anda bisa memasukkan beberapa ikan jenis betok hijau atau jenis betok2an seperti dakocan dll, karena jenis betok ini kuat dalam kualitas air yang belum baik.

2. Ikan dibatasi sedikit saja.
Ikan terlalu banyak membuat ikan mudah stress dan mati. Pemberian makanan pun harus banyak dan kotoran cepat menumpuk. Kualitas air akan cepat turun, dan ikan laut pun mudah mati. Ikan yang banyak, hanya untuk akuarium yang canggih dan akuaris yang berpengalaman. Jadi sesuaikan jumlah ikan dengan ukuran akuarium anda. Pilih jenis ikan yang menurut anda paling cantik dan bagus.

3. Ikan baru wajib ”diaklimatisasi”.
Ikan yang baru dibeli dalam kantung plastik harus disesuaikan dulu suhunya dengan suhu akuarium. Ambangkan ikan dalam plastiknya di akuarium kurang lebih 15 menit, jangan lupa lampu harus dimatikan agar ikan tidak stress.  Setelah itu buka plastiknya, masukkan sedikit air akurium ke plastik ikan baru, diamkan 5 menit. Setelah itu, ikan dapat dimasukkan ke akuarium.

4. Berikan makan cukup 1 kali sehari saja.
Untuk ikan laut, lebih baik kurang daripada lebih. 1 kali saja sudah cukup. Makanan yang berlebih akan menurunkan kualitas air laut.

5. Live Rock !

karang hidup
Inilah senjata utama para aquaris berpengalaman dunia. Gunakan “Karang Hidup” sebanyak mungkin untuk menjaga kualitas air secara alami. Karang Hidup adalah karang yang ada banyak bagiannya berwarna ungu. Gunakan minimal 1/3 dari volume akuariumnya. Harganya cuma Rp 20.000-an per batu.

6. Tumbuhan, juga sangat bagus untuk menjaga kualitas air.

rumput asem
Utamanya Rumput Asam (Caulerpa Sertularioides), Rumput Jarum (Chaetomorpha) atau Anggur Hijau. Tumbuh-tumbuhan ini akan mengurangi kadar Nitrat secara signifikan karena Nitrat merupakan makanan mereka dan membuat air lebih menyenangkan buat ikan.

7. Ganti air 20 % tiap 2 minggu sekali. Separuh, 1 bulan sekali. Air laut harganya tidak mahal, hanya Rp 5.000 per galon. Luangkan waktu    1-2 jam per 2 minggu untuk merawat akuarium laut anda.

8. Cek Ph dan Kadar Garamnya.

teskit
Kalau Ph-nya rendah, gunakan obat Kalkwasser (banyak dijual).
Mengecek Ph mudah sekali, hanya masukkan air akuariumnya sedikit ke alat tesnya, lalu ditetesi cairan pengukurnya. Lalu bandingkan warna airnya dengan kertas ukuran Ph berwarnanya. Harganya alat test Ph-nya lumayan mahal, (Rp 80.000 – 85.000), tapi hanya dipakai sekali-sekali saja.
Mengecek kadar garam gunakan Hydrometer. Harganya cuma Rp 20.000 – Rp. 45.000. Kadar garam yang normal ada penunjukknya di alatnya.

9. Akuarium Laut Dianjurkan memiliki Protein Skimmer.

skimmer
Ini adalah alat yang paling signifikan dalam menjaga kualitas air laut. Harganya sekitar Rp 250.000-an. Semua akuarium laut, baik di toko ikan hias (Sumenep) maupun di Seaworld semua memakai Protein Skimmer.

10. Beli udang pelet 5 ekor (Lysmata amboinensis).

Udang pelet sangat bermanfaat karena senang memakan bakteri Whitespot (bintik putih) yang kadang muncul pada ikan.

11. Pelihara ikan jabing 1 ekor kecil.

jabing

Salah satu masalah paling merepotkan dalam memelihara akuarium laut adalah pasir yang biasanya akan ditumbuhi lumut coklat. Ini membuat akuarium terlihat kotor, dan biasanya pembersihannya agak sulit. Solusinya sederhana. Ikan jabing (lawnmower blenny) akan membersihkan dasar pasir dari lumut kecoklatan karena dia senang memakan lumut itu. Ikan ini sekarang populer di kalangan hobiis karena tingkahnya yang unik dan menarik. Pilih yang kecil, karena kalau besar akan membuat pasir berantakan. Harganya sekitar Rp 15.000.

12. Suhu Suhu terbaik untuk ikan air laut adalah dibawah 28 derajat Celcius, dan coral 25 Celcius (dengan Chiller).

About these ads

3 responses to “Tips Cara Memelihara Ikan hias Air Laut

  • Mr WordPress

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  • sonny

    thx infonya bro, ini baru mau memulai hobby baru memiliki akuarium air laut, tnyt cukup susah ya, tetapi dicoba dulu hehe

    salam :)

    • rendcharend

      Sebelumnya tnx atas komentnya. :-D
      kalau masbro belum sama sekali pernah melihara ikan hias laut, dan saat ini baru saja isi airnya di akuarium, jangan terburu buru isi dengan ikan yang mahal mahal,, isi dulu dengan ikan yang murah2,(karean rawan mati tu ikan) dan banyakin liverock (karang hidup yang banyak lumutnya)
      kurang lebih 1-2 bulan baru di masukkan dengan ikan lainnya. :-)
      g perlu pakai alat test air macem2,, cukup satu saja yaitu hidro meter (cek kadar garam) hehe…

      thx…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: